Dagang Jajanan Korea, Peluang Bisnis Menggiurkan di Indonesia

Posted on

Budaya dari Korea Selatan belakangan sebenarnya berkembang di Indonesia. Tak cuma dari K-pop dan drakor, style hidup kaum urban dari Negeri Gingseng pun perlahan mulai jadi tren, salah satunya soal makanan.

Makanan khas Korea Selatan diminati banyak orang lantaran dikarenakan rasanya yang nikmat. Hal itu terbukti dari menjamurnya restoran maupun kedai-kedai yang sediakan makanan autentik khas dari Korea Selatan, salah satunya Jajanan Korea Oppa Im.

Jajanan Korea Oppa Im sendiri datang bersama rancangan outlet atau booth cepat saji. Sesuai namanya, usaha makanan ini sediakan aneka cemilan khas Korea Selatan seperti toppokki atau rice cake, odeng atau fish cake dan corndog.

Bisnis milik Sherly Yolanda ini mengimbuhkan jaminan rasa autentik khas Korea lantaran ia sendiri berasal dari keluarga asli Korea Selatan, dimana papa Sherly adalah Warga Negara Asing (WNA) kelahiran Korea Selatan. Meski mengimbuhkan rasa autentik Korea, tapi Jajanan Korea Oppa Im selalu mengatur lidah penduduk Indonesia.

“Nama Brand Oppa Im sendiri terinspirasi dari Papa yang warga asli Korea, biasa keluarga mama jika manggil papa itu Oppa Im. Apalagi tepat banget ini makanan Korea,” ujar Sherly Yolanda.

Tidak Ingin Sukses Sendirian

Jajanan Korea Oppa Im sedianya baru dijalani sekitar 2 bulan oleh Sherly dan keluarga. Meski terbilang singkat, tapi sudah terbilang sukses di terima penduduk dan punyai sebagian cabang di sekitaran Jakarta. Terhitung, sejak pertengahan November 2020 lalu, sudah tersedia 15 mitra yang bekerjasama bersama Jajanan Korea Oppa Im.

Tak dambakan sukses sendirian, Sherly Yolanda pun mengakses kesempatan franchise bagi mereka yang tertarik. Selain memperluas jaringan usahanya, ia termasuk dambakan menolong tingkatkan minat wirausaha penduduk di sedang lesunya dunia ekonomi akibat pandemi Covid-19. Salah satu caranya bersama mengakses harga kemitraan yang terjangkau.

“Awalnya tuh, enggak kepikiran mirip sekali bikin branding usaha ini dan dijadiin franchise. Terus teman-teman terhadap nanya dan berniat gabung franchise. Dari situ mikir, ‘kenapa nggak kami membuka kesempatan usaha di sedang pandemi gini?’, Hitung-hitung menolong penduduk Indonesia yang sudi mengakses usaha bersama modal minim. Dan Puji Tuhan ternyata banyak termasuk yang excited bersama Jajanan Korea Oppa Im ini,” lanjut Sherly.

Jajanan Korea Oppa Im sendiri sudah punyai sertifikasi halal. Harga yang ditawarkan untuk jadi mitra tak lebih dari Rp6,7 juta, dimana mitra dapat beroleh semua peralatan dan perlengkapan yang diperlukan serta bahan baku awal. Bagi yang tertarik untuk memulai berbisnis camilan khas Korea, Sherly Yolanda terbuka bersama pertanyaan para calon mitranya melalui akun Instagram @jajanankoreaoppaim.