Mana yang Lebih Bergizi, Nasi Putih atau Merah?

Posted on

Ada yang mengatakan, kecuali beras atau nasi merah punyai kadar gizi yang baik untuk kesegaran tubuh seseorang. Apalagi bagi mereka yang menderita penyakit tertentu dan dambakan laksanakan diet. Jika dibandingkan bersama dengan nasi putih, mana yang lebih sehat untuk di konsumsi?

Dilansir berasal dari Klikdokter, warna merah pada nasi berasal berasal dari kadar antosianin, yang merupakan sumber antioksidan tinggi. Nasi merah mampu didapatkan berasal dari beras yang tetap punyai sekam maupun tidak.

Di sisi lain, nasi putih berasal berasal dari beras cokelat yang telah dibuang sekam dan dedaknya. Meski sistem ini memperpanjang umur penyimpanan beras, tetapi gizi dan kadar untungkan yang terkandung di didalam sekam dan dedaknya telah hilang.

Proses yang dilewati nasi putih membuatnya memiliki kandungan lebih sedikit serat, protein, antioksidan, dan sebagian vitamin serta mineral jikalau dibandingkan bersama dengan jenis nasi lainnya.

Pada dasarnya, nasi merah dan nasi putih punyai keuntungan maupun kerugian masing-masing. Jika ditanya mana yang paling sehat di antara keduanya, pasti bergantung bersama dengan situasi kesegaran tiap-tiap individu.

Apabila Anda dambakan menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan sebagian jenis kanker, pilihlah nasi yang berasal berasal dari beras yang tetap utuh, jikalau nasi merah. Opsi lain adalah nasi berasal dari beras cokelat dan hitam.

Kandungan antioksidan tinggi yang ada di nasi merah, cokelat, dan hitam mampu menaikkan energi tahan tubuh agar risiko penyakit metabolik, depresi, dan sebagian jenis kanker akan menurun.

Suatu belajar yang meliputi 197.000 sukarelawan menemukan, mengganti 50 gram nasi putih per hari bersama dengan nasi cokelat terkait bersama dengan 16% risiko diabetes mellitus jenis 2 yang lebih rendah.

Lantas, apakah itu bermakna nasi putih tidak baik untuk kesehatan? Tidak juga, apalagi kecuali Anda adalah orang yang sehat dan tidak mengkonsumsi nasi secara berlebihan.

Anda lebih perlu nasi putih dibanding nasi merah jikalau tengah diet rendah serat. Kondisi yang membutuhkan rendah serat, jikalau akibat diare, terdapatnya sumbatan akibat kanker kolorektal, atau baru saja meniti operasi saluran cerna. Alasannya, nasi putih punyai kadar serat yang lebih rendah.

Atas dasar itu, pilihlah jenis nasi Anda sesuai bersama dengan situasi tubuh. Hal yang paling penting, batasi porsi konsumsinya agar tidak berlebihan. Jangan lupa untuk mengombinasikan mengkonsumsi nasi bersama dengan menu kaya sayur dan buah-buahan.